1
7

Berikut Pengertian Marketing, Konsep Marketing, dan Beserta Fungsinya

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas Apa yang dimaksud Internet Marketing? apa anda sudah membaca nya? jika belum bisa wajib membaca ya. Karena materi yang disampaikan akan berkesinambungan, jadi jika tidak mengikuti satu saja nanti akan sulit untuk memahaminya.

Nah di bawah ini ada materi kedua yakni lanjutan dari materi pertama, jadi usahakan anda membaca secara urut. Langsung saja berikut penjabaran pengertian marketing. Jika ada yang sudah tau bisa muroja’ah lagi ilmunya agar tidak mudah lupa.

Pengertian Marketing Secara Universal

pengertian-marketing-dan-konsep-marketing
sumber gambar : pexels.com

Pengertian Marketing merupakan suatu rangkaian kegiatan atau aktivitas yang mempunyai tujuan memasarkan produk, baik itu barang maupun jasa. Dengan menggunakan berbagai cara kami usahakan agar orang lain suka dengan produk tersebut dan pastinya layak jual.

Ada juga seseorang yang mengartikan internet marketing merupakan perpaduan aktivitas yang saling terkait. Dengan adanya informasi ini maka perusahaan bisa menciptakan suatu produk, harga, dan pelayanan. Supaya kebutuhan pasar bisa terpenuhi dan sebaliknya perusahaan akan mendapat keuntungan.

Jadi pengertian marketing bisa disimpulkan “penghubung antara produsen dengan konsumen pada satu pasar tertentu“. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi kepuasan belanja kepada konsumen.

Apa Fungsi Marketing Dalam Perusahaan?

pengertian-marketing
sumber gambar : pexels.com

Dalam perusahaan pasti mereka mengandalkan team marketing mereka untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena pendapatan perusahaan tersebut akan bergantung pada marketing dari perusahaan itu sendiri. Maka dari itu marketing menjadi sesuatu yang sangat penting dalam berbisnis.

Berikut adalah fungsi marketing yang bisa anda pelajari untuk menjadi internet marketing yang handal dalam berbisnis.

Fungsi Pertukaran

Dengan adanya kegiatan marketing ini, maka barang bisa dikenal dan disukai oleh suatu pasar. Pada hal ini fungsi pertukaran yang artinya konsumen melakukan pembelian produk dengan menukarkan uangnya.

Fungsi Distribusi Fisik

Produk yang sudah selesai dikerjakan oleh produsen pastinya tidak langsung tiba di hadapan konsumen dengan begitu saja, namun melewati tahap distribusi terlebih dahulu.

Distribusi fisik contohnya harus melewati beberapa proses ini diantaranya pengambilan, klasifikasi, penyimpanan, packing, sampai pengiriman ke lokasi terdekat dengan rumah konsumen.

Fungsi Perantara

Kegiatan marketing ini berfungsi hanya sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Contohnya pencarian informasi pembiayaan, klasifikasi produk dan masih banyak lagi contoh yang lainya.

3 poin di atas memiliki fungsi utama dalam marketing, selain itu ada fungsi yang lainya dalam marketing contohnya sebagai berikut di bawah ini :

  1. Berfungsi sebagai SALES sebutan untuk orang yang jualan produk yang menghasilkan keuntungan bagi perusahaan lain.
  2. Berfungsi sebagai Alat Promosi yakni tahap memperkenalkan produk kepada masyarakat luas dengan tujuan supaya produk tersebut di minati oleh masyarakat sekitar.
  3. Berfungsi sebagai Riset dan Pengembangan, yakni proses marketing yang menggunakan data informasi dari tanggapan masyarakat mengenai produk tersebut baik itu kualitas, packaging dan lain lain.
  4. Berfungsi untuk mendirikan konsep Marketing Communication, yakni peran marketing pada saat menjalin hubungan kepada masyarakat sekitar dan juga perusahaan-perusahaan lainya.

Konsep Marketing

pengertian-marketing
sumber gambar : slideshare.com

Setelah penjelasan kita memahami apa pengertian marketing di atas, selanjutnya kita akan mempelajari 4 konsep dasar dari marketing. Contohnya sebagai berikut.

1. Produksi

Produksi merupakan proses dimana mengubah bahan baku menjadi bahan jadi baik itu barang atau jasa. Team marketing dari seatu perusahaan harus melakukan riset dalam-dalam terlebih dahulu untuk mengetahui produk apa yang sekarang diminati oleh pasar.

2. Produk

Produk merupakan barang yang ditawarkan oleh perusahaan kepada masyarakat umum. Produk bisa dibedakan menjadi 3 category yakni barang, jasa dan gagasan.

Semua konsumen pastinya ingin produk yang berkualitas, harga murah, dan pastinya unik. Menghasilkan produk dengan kualitas yang tinggi menjadi hal yang utama dalam proses marketing. Tanpa adanya produk yang memiliki kualitas maka otomatis marketing sangat sulit dilakukan.

3. Pemasaran

Tahap pemasaran merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang dalam upaya memenuhi permintaan pasar. Kegiatan ini meliputi membuat produk yang memiliki estetika nilai jual, penentuan harga, promosi, pelayanan pelanggan dengan customer yang ramah dan lain-lain.

4. Penjualan

Semua merupakan aktivitas produksi yang pada akhirnya akan bermuara pada angka penjualan sebuah produk. Semakin besar angka penjualan maka akan mendapatan keuntungan yang besar juga perusaan tersebut.

Kegiatan penjualan ini sering dilakukan dengan memberi nilai plus kepada konsumen contohnya diskon atau bonus dengan jumlah pembelian tertentu.

Baca Juga : Apa Yang Dimaksud Pengertian Internet Marketing?

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply